Rabu, 09 April 2014

Paduan Lengkap Pernikahan Islami

Panduan Lengkap Pernikahan Islami



Allah SWT menciptakan alam semesta dengan keseimbangan dan keserasian didalamnya. Salah satu keserasian itu adalah setiap apa yang Allah SWT ciptakan selalu mempunyai pasangan. Ada siang ada malam, ada pagi ada sore, ada gelap ada terang, ada laki-laki ada perempuan. Penciptaan yang berpasangan merupakan fitrah yang sudah Allah SWT tetapkan. Menikah merupakan suatu keutamaan yang sangat besar. Keutamaan inilah yang pada akhirnya menduduki setengah dari kesempurnaan agama sesorang.
Keutamaan Menikah
Pernikahan memiliki banyak keutamaan yang akan memilliki nilai lebih kepada manusia. Keutamaan menikah bagi umat Islam antara lain :
1.    Melaksanakan Anjuran Islam
Seorang muslim dianjurkan menikah dalam rangka mendapat kesempurnaan agamanya. Rasulullah SAW menganjurkan kepada para pemuda untuk menikah agar mampu menundukkan pandangan dan menjaga kemaluannya. Dengan menikah, manusia mampu menyalurkan syahwatnya dengan benar.
2.    Islam Melarang Hidup Membujang
Ada sebagian orang takut menikah karena tidak memiliki uang untuk pernikahan,tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup keluarga,belum memiliki tempat tinggal yang tetap,dan sebagainya. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dirisaukan karena rezeki datangnya dari Allah SWT yang sudah mengatur rezeki untuk umatnya asalkan ia mau berusaha.
3.    Tanda Kekuasaan Allah SWT
Pernikahan merupakan salah satu dari kekuasaan Allah SWT. Seorang istri diciptakan dari tulang rusuk suami. Hal ini agar setiap pasangan merasa tentram dalam menjalankan kehidupan di dunia.
4.    Sunah Rasulullah SAW
Menikah merupakan salah satu sunah Rasulullah SAW yang sangat penting untuk dikerjakan. Rasulullah SAW tidak menyukai orang yang tidak menikah. Beliau mengatakan bahwa siapa saja yang tidak menikah, bukan dari golongan pengikut Rasulullah SAW.
5.    Ciri Makhluk Hidup
Salah satu ciri makhluk hidup yaitu memiliki kebutuhan biologis dengan lawan jenisnya,begitu pula manusia. Cara memenuhi kebutuhan naluri biologis harus benar dan sesuai ajaran Islam,yaitu dengan menikah.
6.    Benteng Akhlak Mulia
Menikah bisa menjadi benteng seseorang dalam menghadapi pemasalahan-permasalahan kehidupan. Oleh karena itu, menikahlah karena dengan menikah akan membentengi akhlak kita dari perbuatan-perbuatan yang menyimpang dari agama.

7.    Melatih Kesabaran
Menikah adalah sebuah universitas kehidupan yang merupakan tempat belajar mengenai hidup, menentukan arah hidup,mendidik,memecahkan masalah, membangun citra positif,menghadapi tekanan dan hal lainnya yang akan menumbuhkan tanggung jawab.
Taaruf VS Pacaran
Taaruf dan pacaran adalah dua komponen berbeda,bahkan bertentangan. Taaruf merupakan sesuatu yang lebih rasional dalam mengenal calon pasangan sebelum menikah. Pacaran tidak diperbolehkan dalam Islam karena memiliki banyak kelemahan. Kelemahan-kelemahan tersebut adalah :
1.    Laki-laki dan perempuan yang pacaran akan cenderung selalu ingin berdua-duaan terus
2.    Orang yang berpacaran akan melupakan segala-galanya
3.    Free Sex
4.    Pacaran bukan jaminan untuk melaju ke jenjang pernikahan
Orang sering menyamakan pacaran dengan taaruf. Padahal,pacaran dan taaruf sangat berbeda. Perbedaan itu sebagai berikut :
1.    Jika setelah taaruf tidak ada kecocokan antara calon pasangan, mereka berhak menghentikan taaruf tersebut. Hal ini cenderung lebih baik karena belum ada ikatan hati antara satu dengan lainnya sehingga tidak menyebabkan sakit hati. Sementara, orang yang berpacaran memiliki ikatan hati,sehingga ketika gagal akan terasa sakit hati.
2.    Taaruf adalah masa penjajakan,yaitu saat seorang lelaki dan seorang perempuan saling memberikan informasi tentang pribadinya, baik itu kebaikan maupun keburukannya. Hal semacam ini harus dilakukan agar tidak menimbulkan kekecewaan ketika sudah menikah kelak. Hal ini sangat berbeda dengan orang yang berpacaran yang senantiasa berusaha menutupi kekurangannya.
3.    Setelah bertaaruf, mereka segera melangsungkan pernikahan. Mereka tidak akan berlama-lama menunda pernikahan. Berbeda dengan pacaran yang cenderung menunda-nunda pernikahan sehingga menghabiskan waktu dan tetntu saja hal ini akan sia-sia.
Cara Menjemput Jodoh
Yang harus kita yakini Allah SWT sudah menjanjikan bahwa setiap manusia mempunyai pasangan masing-masing. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam rangka menjemput jodoh :
1.    Silaturahmi
Setiap orang yang memperpanjang tali silaturahmi,maka ia akan dicintai Allah SWT.
2.    Sholat Qiyamulail
Orang yang sering melaksanakan sholat Tahajud akan diberikan hadiah berupa surga yang mempunyai banyak kenikmatan.
3.    Meminta Doa Orang Tua
Meminta doa kepada orang tua juga merupakan bentuk bakti seorang anak kepada orang tuanya.

Tata Cara Menikah dalam Islam

Terdapat prosedur atau tata cara sesuai syariat yang harus dilakukan ketika akan melangsungkan sebuah pernikahan agar pernikahan sah dimata-Nya dan tentu saja menjadi berkah bagi yang melaksanakannya.

1.    Akad Nikah
Disebut dengan akad nikah karena adanya kesepakatan antara terjadinya kesepakatan itu sendiri. Sementara menurut syariat,nikah juga berarti akad.
2.    Wali
Pernikahan tidak sah jika tidak ada wali. Allah SWT menegaskan bahwa wali mempunyai peranan yang amat penting sehingga jangan sampai pernikahan tersebut terganggu karena wali yang tidak ada
3.    Meminta Persetujuan Pihak Perempuan Sebelum Pernikahan
Hal ini disebabkan seorang perempuan mempunyai hak untuk menerima atau menolaknya.
4.    Mahar
Seorang lelaki wajib memberikan maharnya kepada calon istrinya. Namun,mahar harus disepakati bersama dan istri diperbolehkan untuk menentukan mahar apa yang ia inginkan.
5.    Khotbah Nikah

Hal ini merupakan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, isi dari khotbah nikah berupa pesan-pesan khusus untuk kedua mempelai. Setelah itu akad nikah dilaksanakan, sah dan halallah semuanya. Akad nikah lah yang memusnahkan batas haram kepada pasangan suami istri. Allah SWT telah menghalalkan antara laki-laki dan perempuan berupa kesenangan dengan lawan jenis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar